Sunday, December 7, 2008

INSTALL DRIVER HP COMPAQ PRESARIO V3717TU




SOLUSI MENCARI DRIVER WINDOWS XP UNTUK

NOTEBOOK HP COMPAQ PRESARIO V3717TU

Di INTERNET



Pengalaman menarik ini aku ceritakan. Pada hari Minggu aku akan install ulang Note Book temenku merk HP Compaq Presario V3717TU.Kebetulan temen tidak menyertakan CD Drivernya dan Manualnya.

Temen saya minta diinstall Windows XP karena kalau Windows Vista katanya kurang familiar. Setelah install Windows XP SP1, menggunakan Laptop kesayanganku Benq Joybook S41 Series, aku membuka web site HP Compaq untuk notebook tersebut. Ternyata di sana driver untuk Windows XP-nya tidak lengkap. Aku buka driver untuk Windows Vista lengkap. Gimana ini?

Aku coba Windowsnya diupdate dengan CD Update Windows XP2 (lupa dulu saya dapatkan dari majalah CHIPs atau PC Media) ditambah CD Windows Auto Pactcher sampai bulan Mei 2007 (kuperoleh dari Majalah PC Media edisi 10/2007).

Menggunakan Laptop Benq-ku, aku download semua driver versi Windows Vista. Setelah diinstall di Note Book HP Compaq Presario V3717TU, ternyata tidak semua dapat diinstall. Yang dapat diinstall hanya di bawah ini:

Driver HP Compaq Presario V3717TU Versi WINDOWS VISTA:

  1. Conexant HD-Audio SmartAudio 221 Driver:
  1. Conexant HDAUDIO Soft Data Fax Modem with SmartCP Driver
  1. Marvell Yukon 88E8039 PCI-E Fast Ethernet Controller Driver
  1. Ricoh 5-in-1 Card Reader Host Controller and Driver for Microsoft Windows Vista (32-bit and 64-bit)

Karena Ethernet HP Compaq Presario V3717TU sudah bisa dipakai aku buka web site untuk driver Windows XP. Aku download semua. Saya install bisa, namun karena nggak lengkap ya jadinya masih banyak Device yang belum jalan.

Driver HP Compaq Presario V3717TU Versi WINDOWS XP:

  1. HP Quick Launch Buttons
  1. Intel Matrix Storage Manager
  1. HP Software Update

Yang di sini mah driver-driver-an.

Bingung aku, cari kemana lagi. Timbul pikiran bagaimana kalau dicoba drivernya HP Compaq Presario V3000CTO sama-sama seri 3000-an, di sini aku dapat driver coba-coba yang ternyata cocok, yaitu:

Driver HP Compaq Presario V3000CTO Versi WINDOWS XP:

  1. Conexant High Definition Audio Driver
  1. Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) Bus Driver for High Definition Audio (sp33566)
  1. Intel Chipset Installation Utility for ICH7
  1. Synaptics Touchpad Driver
  1. Conexant HDAUDIO Soft Data Fax Modem with SmartCP Driver
  1. Conexant High Definition Audio Driver

Setelah install dan Restart, lho audionya koq nggak bunyi, Aku arahkan kursor mouse ke My Computer pencet mouse sisi kanan pilih Property. Lalu pilih Tab Hardware dan Klik Device Manager. Aku lihat Sound Audionya nggak ada tanda tanya berarti driver sudah masuk. Aku coba update otomatis driver, nggak ngaruh, aku coba update lagi, tapi pilih lokasi di folder C:\swsetup\sp35682 lha koq bisa dan sudah bunyi. Sementara lega, soalnya Wireless dan tampilan layar belum ok.

Aku coba Driver Wireless-nya HP Compaq V3700TU sama-sama seri 3700-an. Setelah install wireless jalan. Lega kedua. Nih alamat downloadnya.

  1. Broadcom Wireless LAN Driver

Selanjutnya, daripada Aku pusing dengan website HP, coba cari driver grafisnya di Web Site Intel langsung, ketemu ini:

  1. Intel® Graphics Media Accelerator Driver for Windows* XP

Aku install dan Restart bereslah, tampilannya, aku lihat lagi Device Manager sudah OK semua.

Kawan-kawan kalau punya Laptop HP Compaq Presario V3717TU seperti punya temen saya di atas, gak usah mumet cari drivernya, tinggal klik link di atas. Buat HP, apa nggak bisa website drivernya dibuat mudah untuk mencarinya. Tidak semua orang senang menggunakan Windows Vista lho.

©ZAINURI, AK.

2 comments:

minimal said...

makasih bgt postingannya..
sangat sangat membantu sekali saya yang juga menginstalkan laptop temen..

tp mas masih ada yang mengganjal..
driver sound udah di-instal yang dapat dari link di atas,,tp suaranya tetep aja gk mw keluar,,liat di "sounds, speech, and audio device" di control panel juga tulisannya masih "no audio device"..

trus di device manager masih ada 2 driver yang belum beres :
1. SM Bus Controller
2. Unknown Device
Gmana ya solusi nya untuk masalah2 di atas..
tengkyu tegkyu bgt..
mohon bimbingan..

Anonymous said...

siiip.....2 jempol dech

Template by : kendhin x-template.blogspot.com